Zero Waste Adventure

“Ketika saya mendaki gunung Rinjani, saya takjub. Betapa gunung Rinjani adalah gunung yang sangat indah, tapi ternyata di sana sampahnya justru sangat banyak. Itulah yang menjadi awal pemikiran saya untuk zero waste adventure ini”. Hal tersebut diungkapkan oleh mba Siska Nirmala, penggagas awal Zero Waste Adventure di Jum’at siang kemarin kepada kami.

“Konsep Zero Waste Adventure sebenarnya sederhana. Jika kita tidak mau menghasilkan sampah, maka jangan membawa makanan dan barang yang bisa menghasilkan sampah”, demikian mba Siska Nirmala menambahkan.

Dan benar, mungkin akan terasa repot, bahwa semua perbekalan dan perlengkapan yang kita bawa dalam sebuah pendakian gunung atau ekspedisi sama sekali tidak berpotensi sampah, baik itu kantong plastik, botol plastik sekali pakai, tali plastik, mie berkemasan plastik, dan lain-lain.

Akan tetapi akhirnya menjadi sebuah hal yang sangat membahagiakan, ketika selesai ekpedisi atau pendakian, tidak ada sampah yang kita hasilkan.

Karena bumi ini sudah tidak memiliki tempat untuk sampah. Karena bumi ini adalah titipan anak cucu kita, dan tentunya amanah dari Allah yang harus kita jaga kelestariannya.

#imanihsan #naturesavvy #zerowaste #zerowasteadventure #pendidikankarakter #pembekalanfasilitator #otfaSL2019 #gununggede #sekolahlanjutan